Jual Cobek Batu Kali Halus: Kuat dan Tahan Lama

Harga: Rp 60.000 – Rp 600.000 per buah. Karena cukup banyaknya pelanggan yang menanyakan tentang Cobek Batu Kali, MunTHu.Com pun dengan senang hati akan menyediakan Cobek Kali tersebut untuk anda. Kali adalah bahasa jawa untuk Sungai. Dengan demikian yang disebut Cobek Batu Kali adalah Cobek Batu yang bahannya diambil dari Batu Kali.

Cobek Batu Kali Elo dan Kali Bolong Magelang

Cobek Batu Kali Elo dan Kali Bolong Magelang

Ciri khas dari Cobek batu kali ini adalah tektur Batunya yang rapat dan juga kuat. Cobek Batu Kali ini berasal dari Kali Elo dan Kali Bolong (baca: mbolong) daera Secang, Kabupaten Magelang. Ciri khas Cobek Kali Elo dan Kali Bolong ini selain tektur yang lembut adalah berat (lebih berat dari cobek batu gunung merapi), warnanya yang beragam, serta kuat dan tahan lama.

Cobek batu kali dalam jangka waktu lama pemakaian permukaan akan sedikit licin dan tidak keset. Jika terbiasa menggunakan cobek batu gunung merapi maka licinnya akan terasa, namun tahan banting dan kuat banget. Jika diketok, akan mengeluarkan bunyi yang nyaring semacam “ting, ting, ting”. Ini berbeda dengan cobek batu gunung merapi yang tidak memiliki bunyi seperti itu.

Invalid Displayed Gallery

Cobek Batu Kali juga karena kerapatannya tinggi maka hampir tidak keliatan adanya pori-pori di permukaan cobeknya. Nah karena cobek hampir tidak berpori ini, Cobek batu kali punya kelebihan lain, yaitu tidak mudah muncul jamur bila di diamkan dalam jangka waktu lama sehabis pemakaian.

Cobek Batu Kali Elo Kondisi Kering: Warna Keputihan

Cobek Batu Kali Elo Kondisi Kering: Warna Keputihan

Berbeda dengan cobek batu gunung merapi yang warnanya tidak begitu bervarias, Cobek batu kali warnanya bisa bervariasi dari mulai kehitaman, keputihan, kebiruan, sampai kecoklatan. Teksturnya yang lembut atau rapat dari batunya ini maka kami namakan sebagai Cobek Batu Kali Halus.

Cobek Batu Kali Elo Kondisi Basah

Cobek Batu Kali Elo Kondisi Basah

Kondisi warna ini bisa terlihat jelas jika cobek batu kali halus ini dalam kondisi basah. Namun kalau dalam kondisi kering, cobek akan cenderung berwarna putih kering.

Catatan: Walaupun dari Batu Kali, dalam kondisi baru kalau diadu langsung antara ulekan dan cobek secara langsung, tetep terjadi semacam gerusan. Pastikan ada Bumbu jika ingin menggunakannya

Tektur Batu Kali yang keras juga menyebabkan Cobek sering kali cuma bisa dipahat manual sehingga bentuknya tidak sebagus cobek batu gunung merapi. Dengan kata lain bentuk cobek kali lebih kasar dibanding batu gunung. Walaupun begitu ada pula yang sama bentuknya dengan batu gunung kalau cobek kali bisa dibubut.

Cobek Batu Kali Halus Asal Magelang ini harganya jauh lebih mahal dibanding cobek batu gunung. Alasan pertama, Cobek Batu Kali lebih susah dibentuk dan dipahat. Alasan Kedua, bahan baku Cobek Batu Kali lebih susah didapatkan. Bahkan terkadang untuk mencari Cobek Batu Kali ini, para pengrajin musti menyelam di Sungai Elo dan Sungai Bolong.

Spesifikasi:

Harga Dan Ukuran:

Cobek Kali Bulat:
Ukuran 14cm: Rp. 60.000,00
Ukuran 18cm (± 1cm): Rp. 80.000,00
Ukuran 21cm (± 1cm): Rp. 100.000,00
Ukuran 23-24cm (± 1cm): Rp. 120.000,00
Ukuran 25-26-27-28cm (± 1cm): Rp. 150.000,00
Ukuran 36cm (± 1cm): Rp. 250.000,00
Ukuran 38cm (± 1cm): Rp. 350.000,00
Ukuran 40cm (± 1cm): Rp. 450.000,00
Ukuran 47cm (± 1cm): Rp. 600.000,00

Cobek Kali Bentuk Lonjong:

Cobek Batu Kali Bentuk Oval / Lonjong

Cobek Batu Kali Bentuk Oval / Lonjong

Ukuran 25cm (± 1cm): Rp. 140.000,00
Ukuran 20cm (± 1cm): Rp. 100.000,00

Bahan Baku: Batu Kali Elo dan Kali Bolong
Asal Daerah: Magelang
Pengerjaan: Pahat Manual dengan Tatah, Cuplik dan Mangkokan dan Cutter (sebagian ada yang bisa dibubut juga)

6 thoughts on “Jual Cobek Batu Kali Halus: Kuat dan Tahan Lama

  1. Nenny

    Pak saya mau beli cobek batu kali bulat ukuran 27 cm bisa dikirim ke manado? Brp harga n ongkir? Terima kasih.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *