Pengemasan / Packing Produk Kerajinan Pahat Batu Sebelum Pengiriman

Karena batu yang udah dipahat bukanlah barang yang benar-benar tahan pecah, maka pengemasan atau packing dari Produk Kerajinan Pahat Batu MunTHu.Com juga memerlukan perlakuan khusus. Packing tidak bisa hanya menggunakan kardus atau plastik saja.

Pengemasan dan Packing Kayu Produk MunTHu.Com Sebelum Dikirim

Gambar 1: Pengemasan dan Packing Kayu Produk MunTHu.Com Sebelum Dikirim

Oleh karena itu, hampir semua produk pahat batu sebelum dilakukan pengiriman pengemasannya menggunakan kayu sebagai bahan packingan. Gambar 1 adalah contoh dari packingan kayu guna mengemas hasil pahat batu baik itu patung, cobek, lumpang, air mancur, dsb.

Pengemasan dengan kayu menjamin barang tidak akan pecah atau gompel dalam proses pengiriman. Namun demikian, karena packingan terbuat dari kayu, maka ongkos packing jadi cukup mahal.

Untuk hasil contoh-contoh pengemasan menggunakan kayu yang telah dilakukan pengiriman ke berbagai wilayah pelanggan, mulai Jakarta, Bandung, Bekasi, Surabaya, Lampung, Medan, bahkan Kalimantan, bisa dilihat dari foto-foto diatas. Walaupun sudah menggunakan kayu, namun disela-sela atau antara bagian hasil pahat batu dengan lainnya masih ditambahin dengan kardus sebagai pembungkus agar lebih aman.

Khusus untuk jumlah yang banyak, semisal untuk Stupa ukuran besar atau Batu RTM jumlah yang banyak, pengemasan hanya dilakukan waktu di dalam truk dengan menambahkan dengan merang atau kardus untuk melindungi batu agar tidak pecah. Biasanya dilakukan untuk batu yang cukup kuat saja dan tidak butuh perlindungan lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *