Berbagai Jenis Warna Batu Alam Gunung Merapi untuk Kerajinan Seni Pahat

Seperti yang pernah saya sampaikan mengenai Batu Alam yang bisa digunakan untuk kerajinan seni pahat batu yang harus memiliki ciri khas khusus dalam arti tidak sembarang batu yang berasal dari Gunung Merapi bisa digunakan sebagai bahan baku Pahat Batu, kali ini saya akan membahas mengenai warna-warna dari Batu Alam Gunung merapi yang biasa digunakan untuk Kerajinan Pahat Batu.

Warna Batu Alam Merapi Hitam, Abu-Biru, Merah Jambu

Warna Batu Alam Merapi Hitam, Abu-Biru, Merah Jambu

Walaupun pada umumnya orang mengenal Batu Alam merapi atau batu candi dengan sebutan batu hitam yang artinya warnanya cenderung hitam, namun tidak banyak yang mengetahu kalau sejatinya warna Batu Alam itu bisa bermacam-macam tergantung dari mineral yang terdapat di dalamnya. Beberapa warna yang biasanya digunakan untuk Bahan Baku Kerajinan Pahat Batu adalah sebagai berikut:

Warna Hitam (Kehitam-hitaman)

Batu Alam Merapi Gelap Kehitam-hitaman

Batu Alam Merapi Gelap Kehitam-hitaman

Batu Alam warna hitam yang dimaksud disini bukanlah batu yang berwarna hitam kelam macam arang, tetapi batu yang mempunyai kecenderungan warna hitam gelap atau warna kehitam-hitaman. Batu jenis ini merupakan batu yang cukup bagus untuk dijadikan Kerajinan seni pahat batu, terutama karena konsumen cenderung senang dengan warna kehitam-hitaman ini

Batu Alam Warna Abu Kebiru-biruan

Batu Alam Merapi Warna Abu Kebiru-biruan

Batu Alam Merapi Warna Abu Kebiru-biruan

Jenis batu ini yang sering disalah pahami oleh para konsumen karena warnanya yang mirip dengan warna semen walaupun sebenarnya Batu Alam warna abu kebiru-biruan ini merupakan jenis yang paling sering dijumpai. Ada yang warna birunya begitu dominan, ada pula yang warna abu-abunya yang dominan. Biasanya batu alam warna kebiru-biruan ini memiliki tekstur yang keras dan kuat sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan munthu, cobek, alu, lumpang atau batu potong pake mesin.

Batu Alam Warna Gelap Kemerah-merahan (Jambon / Merah Jambu)

Konsumen banyak yang tidak mengetahui kalau ada Batu Alam yang berwarna merah atau gelap kemerah-merahan atau sering juga disebut merah jambu (jawa: jambon). Karena ketidaktahuan ini, konsumen sering menganggap bahwa batu jenis ini memiliki warna merah karena dicat padahal ini asli dari batu alam itu sendiri. Karena kesalahpahaman seperti inilah batu warna merah jambu sering tidak diminati oleh konsumen.

Batu Alam Merapi Warna Gelap Kemerah-merahan (Merah Jambu)

Batu Alam Merapi Warna Gelap Kemerah-merahan (Merah Jambu)

Walaupun banyak kesalahpahaman yang sering menggelikan, tetapi sebenarnya jenis batu kemerahan (merah muda) ini batunya keras dan rapat. Cukup cocok juga kalau dijadikan untuk cobek dan produk kerajinan batu lainnya. Walaupun memang tidak begitu.

Basah dan Kering

Batu Gunung Merapi kalau dalam kondisi kering bisanya warnanya keputihan atau terang. Semisal putih-biru-muda, abu-putih, putih-merah-muda. Sedang kalau dibasahi dengan air, warnanya berubah jadi gelap. Bisa jadi hitam, kebiruan-tua, merah-tanah, dan sejenisnya.

Jika menginginkan batu tetep hitam atau gelap, maka diperlukan batu perlu dicoating atau ditambah pelapis. Koting atau Coating Hanya cocok buat kerajinan jenis hiasan bukan untuk cobek, lumpang, atau untuk makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *