Stone Coating (Koting): Pemolesan Produk Batu Candi agar lebih Indah dan Menarik

Beberapa produk kerajinan batu candi (batu alam Gunung merapi) agar tampak lebih indah dan menarik diperlukan proses yang dinamakan Stone Coating (Indonesia: Pelapisan Batu; para pengrajin menyebutnya KOTING). Tidak semua produk kerajinan Pahat Batu Candi memerlukan adanya coating. Apa itu Stone Coating?

Bahan Stone Coating / Koting

Bahan Stone Coating / Koting

Secara sederhana, apa yang dinamakan Koting atau Stone Coating adalah sebuah proses pemolesan batu sedemikian sehingga warna batu yang ditampilkan dalam produk kerajinan pahat (Air Mancur, Lampion, Stupa), lebih menarik. Sama halnya dengan Produk Olahan kayu yang membutuhkan Politur (dikenal juga Plitur) agar produk kayu lebih mengkilat dan tampak lebih indah.

Stone Coating secara teknis berupa proses pewarnaan terhadap batu agar batu terlihat gelap hitam mengkilat sehingga ketika terkena sinar mampu menampilkan keindahan dari bentuk dan warnanya (persis seperti politur /plitur kayu). Dalam arti tertentu koting artinya membuat batu terlapisi dengan warna tertentu yang lebih menarik.

Bahan Stone Coating / Koting

Bahan Stone Coating / Koting

Seperti diketahui, Bahan baku batu candi yang berasal dari batu andesit alam Gunung merapi warna dasarnya berbeda-beda tergantung dari proses campuran mineralnya dan proses pembentukannya. Ada yang warnanya gelap hitam sedikit merah, ada yang warnanya hitam agak terang, ada yang hitam kebiru-biruan dan sebagainya.

Nah, Koting atau Stone Coating ini akan menjadikan batu yang berwarna warni tidak sama itu menjadi lebih seragam, sehingga produk-produk kerajinan semacam lampion, stupa, air mancur yang berupa potongan-potongan batu yang ditata dan disatukan seperti lego lebih indah dan seragam. Pemolesan warna ini merupakan cara cepat untuk menghasilkan batu yang seragam walaupun ada juga pelanggan yang meminta dan lebih menyukai batu tanpa polesan coating (tidak disarankan).

Stone Coating / Koting bukan diperuntukkan untuk produk-produk yang digunakan bukan sebagai hiasan (alat bantu rumah tangga) tapi untuk dipergunakan di produk batu hias semisal lampion, stupa, air mancur, nisan, dan sejenisnya . Ini dikarenakan Stone Coating ini semacam cat atau cairan. Cat Warna ini tidak untuk pewarna makanan tapi sebagai pewarna batu. Dengan demikian Stone Coating sangat tidak boleh digunakan untuk memoles Produk Pahat Batu Alam konsumsi rumah tangga: Alu, Lumpang, Cobek, Munthu / Ulegan. Jangan pernah sekali-kali menggunakan Koting ke produk ini. Ini sama halnya anda memplitur cobek atau alu dari kayu; sesuatu yang musti dihindari.

Stone Coating Sebagai Anti Lumut dan Jamur

Selain untuk pewarnaan dan penyeragaman warna dari Produk Kerajinan Batu, Stone Coating juga mempunyai fungsi utama sebagai zat Anti Lumut dan Jamur. Ini artinya Produk Kerajinan Batu yang sudah dilapisi dengan Koting, mampu bertahan dari serangan lumut yang biasa tumbuh di batu-batu.

Nah jika anda menginginkan warna produk kerajinan batu asli seperti warna aslinya, bisa juga dilapisi dengan Stone Coating yang tipe WARNA NATURAL / ALAMI. Stone Coating jenis ini bisa mempertahankan warna asli dari batu tapi tetep sifat dari anti lumut dan jamurnya bisa dipertahankan.

Selain warna Hitam dan warna Natural, Stone Coating juga terdapat warna Gloss dan Krem, walaupun untuk yang warna Krem sulit sekali mendapatkannya biasanya tidak tersedia dipasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *