Perbedaan Fungsi / Guna Cobek dan Lumpang

Beberapa pembeli awam terutama yang belum pernah menggunakan cobek atau lumpang sering kebingungan memilih antara cobek dan lumpang untuk keperluan rumah tangga mereka. Terutama pasangan yang baru menikah sering kebingungan menentukan pilihan. Tidak jarang akhirnya bapak-bapaknya atau suaminya yang turun tangan langsung memilih dan survei tentang cobek dan lumpang. Mana yang sesungguhnya mereka butuhkan?

Cobek Batu Kali Hitam / Watu Item: Super Halus Tahan Jamur (Kondisi Kering)

Cobek Batu Kali Hitam / Watu Item: Super Halus Tahan Jamur (Kondisi Kering)

Nah kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan yang mungkin diperlukan bagi siapapun yang kebingungan membedakan antara cobek dan lumpang dari segi fungsinya.

Tingkat Kekerasan Bahan yang akan dihaluskan

Lumpang: lumpang cocoknya adalah untuk menghaluskan bahan bahan yang cenderung keras. Semisal untuk menghaluskan beras untuk dibikin tepung beras, untuk menghaluskan biji kopi, biji kacang tanah, dan sejenisnya. Atau untuk menghaluskan gabungan dari biji-bijian tersebut. Semisal untuk membuat jamu dari kunyit, kunir dan sejenisnya.
Cobek: Cobek cocoknya dari segi fungsi adalah untuk menghaluskan barang barang yang cenderung lunak. Semisal untuk menghaluskan bawang merah, bawah putih, tomat, cabe dan sejenisnya

Jumlah Bahan
Lumpang: Lumpang cocoknya untuk menghaluskan biji atau bumbu dalam jumlah banyak. Salah satu sebab kenapa lumpang musti banyak jumlah biji atau bumbunya adalah untuk menghidari tumbukan meleset. Jika alu sebagai pasangan lumpang ditumbuk tidak kena bumbu atau biji, alias langsung beradu dengan lumpangnya, maka kemungkinan salah satu (lumpang atau alu) akan kalah, sehingga ada batu yang hancur disalah satunya.

Lumpang Alu Batu Kali Pori

Lumpang Alu Batu Kali Pori

Cobek: Oleh sebab itu jika ingin menghancurkan atau menghaluskan bumbu / biji bijian dalam jumlah sedikit walaupun biji-bijinya itu keras, sebaiknya gunakanlah cobek. Dengan menggunakan cobek yang tipenya adalah menggerus bukan menumbuk, bahan bumbu yang sedikit bisa dihaluskan tanpa harus beradu langsung antara batu dengan batu.

Sangat disarankan pula bila membuat sambal atau bumbu dalam jumlah banyak gunakan Lumpang terlebih dahulu, semisal buat menghaluskan bumbu sebanyak 2-10kg. Lumpang lebih cepat buat menghaluskan bumbu untuk jumlah yang banyak dibandingkan dengan menggunakan cobek. Walaupun begitu, jika dirasa lumpang tidak cukup halus, bisa dialihkan kemudian menggunakan cobek untuk hasil yang lebih lembut.

Perbedaan Cara Penggunaan

Lumpang: Lumpang dengan alunya digunakan dengan cara ditumbuk semacam menggunakan gerakan memukul dari atas ke bawah. Ini tentunya secara “tenaga” lebih kuat dibandigkan dengan cobek. Akan sangat sulit untuk menghaluskan satu buah cabe atau satu buah biji kacang dengan menggunakan lumpang (cara menumbuk).
Cobek: Digunakan dengan cara menggerus bahan. Dengan cara ini dimungkinkan untuk menghaluskan biji bijian atau bumbu dalam jumlah sedikit. Anda bisa menghaluskan 1 buah cabe atau biji kacang dengan menggunakan cobek dan ulekannya.

Berat dan Ukuran

Lumpang dengan ukuran diameter yang sama dengan cobek mempunyai massa yang lebih berat dibandingkan cobek. Demikian pula secara ukuran lebih besar dari pada cobek. Lumpang sering pula disebut dengan Cobek dalam karena cekungannya yang cenderung dalam 3-4x lipat dibandingkan kedalaman cobek. Dari segi keawetan biasanya lumpang lebih awet dibandingkan dengan cobek. Hanya saja Alu Lumpang terutama yang dari batu sangat rawan patah terutama kalau jatuh. Hal ini karena bentuknya yang bulat panjang.

Kemudahan

Lebih mudah memindahkan bumbu dari cobek ke tempat penyajian dibandingkan dari lumpang. Cobek juga lebih mudah dibersihkan dibandingkan lumpang. Cobek juga lebih mudah dibawa-bawa dibandingkan lumpang. Kalau anda orang yang malas, sebaiknya pilih cobek dibandingkan lumpang. Karena lumpang lebih repot perawatannya dibandingkan dengan cobek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *