Cobek Batu Paling Mudah Menghaluskan Bumbu Sampai Yang Paling Susah

Cobek Batu Kali Hitam / Watu Item: Super Halus Tahan Jamur (Kondisi Kering)

Cobek Batu Kali Hitam / Watu Item: Super Halus Tahan Jamur (Kondisi Kering)

Urutan Cobek Batu dalam kemudahan Menghaluskan Bumbu adalah sebagai berikut:

Batu Gunung > Batu Kali Pori > Batu Kali Halus > Batu Kali Super Halus

Batu gunung mudah buat menghaluskan bumbu karena tekstur permukaan yang kasar dan batunya yang lunak. Bumbu yang licin semacam cabe atau sayuran macam tomat pun dapat dihaluskan dengan mudah karena permukaan cobek dari batu gunung yang cenderung kasar dan keset, berapa lama pun dipakai cobek batu gunung akan tetap kesat. Kelemahannya, batu permukaan cobek mudah terkikis jadi bisa menyisakan semacam debu kalau buat nguleg banyak, batu juga mudah jadi cekung semakin dalam.

Batu Kali Pori adalah versi lebih keras dari Batu Gunung, karena terdapat pori-pori sehingga masih bisa keset kalau buat menghuleg bumbu dan mudah menghaluskan bumbu juga. Kelebihannya dari batu gunung, batu kali pori tidak luntur dan awet, walau dalam kecepatan menguleg bumbu buat dihaluskan masih kalah sama batu gunung.

Batu Kali Halus agak licin, walau tidak selicin Batu Kali Super Halus, susah buat menghaluskan bumbu walaupun tidak sesusah Batu Kali Super Halus yang licin.

Baik Batu Kali Halus dan Super Halus sebaiknya dibantu dengan garam atau gula ketika mau menghaluskan jenis bumbu yang licin semacam cabe atau yang lainnya. Kelebihannya tahan jamur dan mudah dibersihkan. Urutan ini kebalikan dengan jenis cobek batu yang tahan jamur sebagai mana saya terangkan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *