Salah Kaprah dan Ngawurnya Penjual Cobek Batu Gunung Merapi

Saya mendapati ada kekeliruan yang sangat fatal sebuah informasi mengenai perbedaan cobek batu asli dan cobek semen. Saya menemukan hal ini di salah satu penjual di bukalapak. Berikut petunjuk yang SANGAT KELIRU ITU:

Screenshot Tips yang Salah Kaprah

Screenshot Tips yang Salah Kaprah

“Tips dan Trik jika anda membeli cobek agar terhindar dari cobek semen :
1. Gunakan air kemudian tuangkan pada permukaan cobek yang akan di tes, jika air terserap baik maka 99% itu cobek batu asli
2. Jika air tidak terserap atau terjadi genangan maka 99% bukan dari batu asli”

TIDAK BENAR kalau cobek yang dites air 99% terserap itu cobek asli. Justru sebaliknya cobek batu gunung kalau cepat menyerap air itu tandanya kerapatan batunya sangat kurang sehingga BUKAN JENIS BATU YANG BAGUS. Walaupun kalau jenisnya BATU GUNUNG MERAPI, hampir 70% batu memang menyerap air.

TIDAK benar kalau air tidak terserap / terjadi genangan itu bukan batu asli. BATU JENIS BATU KALI merupakan batu yang kerapatannya tinggi dan keras sehingga air tidak mudah terserap. JENIS BATU Kali super halus bahkan air sangat sulit terserap ke dalam batu sehingga tahan jamur dan lebih mudah dibersihkan.

Jadi trik yang disebutkan oleh pedangan cobek seperti itu adalah TRIK YANG SANGAT TIDAK BENAR dan MENJERUMUSKAN.

Memang benar kebanyakan cobek dari semen kendap air, tetapi cobek dari semen juga bisa menyerap air sebagaimana campuran pasir dan semen untuk batako juga menyerap air. Jadi ADALAH SALAH menggunakan trik seperti ini untuk menentukan cobek itu batu asli atau tidak.

Sebagai yang berkecimpung dalam pembuatan cobek secara langsung dari mulai pengambilan bahan baku sampai akhir produksi saya jamin PEMBERI TRIK seperti itu hampir pasti tidak mengerti soal dunia batu.

Silahkan datang ke tempat kami, kami akan tunjukkan pembuatan cobek baik dari batu kali dan batu gunung, sekaligus sebagai pembelajaran akan jenis-jenis dan ciri khas masing-masing batu.

sekedar informasi aja. semoga berguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *