Cara Membersihkan & Mengatasi Jamur / Lumut yang Tumbuh di Cobek Batu

Banyak pemakai cobek yang mengeluhkan kalau Cobek yang dia pakai setelah dicuci dan disimpan beberapa lama, ternyata ketika akan dipakai lagi Cobeknya tumbuh jamur atau lumut. Hal ini disebabkan oleh sisa-sisa bumbu yang diuleg dan dihaluskan masih menempel di permukaan cobek sehingga ketika disimpan di dapur lama-lama sisa-sisa bumbu yang menempel akan tumbuh jamur. Terkadang juga disertai dengan lumut.

Cobek Batu Kali Hitam / Watu Item: Super Halus Tahan Jamur (Kondisi Basah))

Cobek Batu Kali Hitam / Watu Item: Super Halus Tahan Jamur (Kondisi Basah))

Tentunya tumbuhnya jamur seperti sangat tidak diharapkan. Terutama jamur tidak baik ada dalam makanan karena itu pertanda makanan sudah basi dan tidak bagus buat kesehatan. Nah tulisan kali ini akan membahas bagaimana mengatasi tumbuhnya jamur dan lumut di cobek anda.

Jenis Cobek Batu: Batu Gunung / Batu Kali Pori vs Batu Kali Halus / Super Halus

Batu Gunung atau Batu Kali Pori karena terdapat pori-pori di permukaan cobeknya, maka lebih rentan terkena jamur. Hal ini dikarenakan pori-pori terisi oleh sisa-sisa bumbu yang kadang sulit dibersihkan, maka lama-lama, kalau disipan di tempat yang lembab (dapur tempat yang lembab biasanya), akan tumbuh jamur. Sedangkan batu kali halus dan batu kali super halus yang hampir tidak ada pori-porinya lebih tahan terkena jamur karena mudah dibersihkan. Permukaan yang halus membuat sisa-sisa bumbu tidak menempel lagi di permukaan ketika dibersihkan.

Dengan demikian karateristik batu itu sendiri mempengaruhi terjadi tidaknya jamur / lumut pada Cobek Batu. Jika anda ingin Cobek Batu yang tahan jamur, pilihlah Cobek Batu Kali Super Halus.

Cara Membersihkan / Mencuci Cobek Batu: Gunakan Sikat + Sabun

Cobek Batu (apapun jenisnya) kalau dibersihkan sampai tidak tersisa lagi bumbu atau sisa makanan di permukaan cobek akan membuat cobek tidak akan tumbuh jamur atau lumut. Semisal cobek kalau hanya dicuci dengan sabun + spon, biasanya masih akan banyak sisa-sisa bumbu yang menempel yang bisa timbul jamur nantinya. Menggunakan Sikat Plastik + sabun cuci untuk mencuci Cobek Batu akan lebih bagus karena lebih mudah untuk membersihkan sisa-sisa bumbu yang menempel di permukaan cobek. Usahakan sikat sampai benar-benar bersih dari sisa-sisa bumbu.

Cara Penyimpanan: Jemur & Simpan Tempat Yang kering

Cobek Batu akan lebih tahan jamur juga jika disimpan ditempat yang kering atau tidak lembab. Akan lebih bagus lagi jika sebelum disimpan Cobek dikeringkan (bisa dijemur dibawah sinar matahari sebelum disimpan). KHUSUS ntuk Cobek Jenis Batu Kali bisa dibakar diatas kompor terlebih dahulu sampai kering sebelum disimpan. Menyimpan cobek di tempat yang lembab juga akan membuat cobek mudah jamuran dibanding disimpan ditempat yang tidak lembab (kering). Maka usahakan simpan cobek anda ditempat yang kering.

Jika Cobek Jamuran / Lumutan

Tidak usah khawatir jika Cobek anda Jamuran ketika akan digunakan. Siapkan saja sabun cuci dan sikat plastik, lalu bersihkan segala jamur dengan sikat plastik + sabun cuci sampai jamur hilang tidak tersisa. Ulangi 1-2 kali biar yakin kalau jamur tidak ada lagi yang menempel di permukaan cobek. Cobek siap dipakai. Jika masih khawatir, bisa disiram air panas terlebih dahulu sebelum dipakai. Dan pastikan sebelum menyimpan kembali cobek anda ikuti langkah-langkah yang saya berikan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *