Cobek Batu Bakar: Cobek Batu sekaligus Batu Bakar (Panggangan) + Resep Sambal Terasi Bakar

Harga: Rp 120.000,00 per buah (sudah dengan munthu / ulekan batunya). Pernahkan terpikir di benak anda kalau anda bisa membakar bahan-bahan bumbu dengan cobek sekaligus nanti buat menghaluskannya dengan cobek? Jawabannya saya yakin yang terlintas dibenak anda adalah TIDAK. Namun hal tersebut bisa terjadi sekarang ini. Ya, kini telah hadir Cobek Batu yang sekaligus berfungsi sebagai tempat pembakaran atau batu bakar. Kami beri nama: Cobek Batu Bakar.

Cobek Batu Bakar Merapi

Cobek Batu Bakar Merapi

Terdapat 2 fungsi utama dari Cobek Batu Bakar ini yaitu pertama sebagai Cobek untuk menghaluskan bumbu, dan yang kedua juga berfungsi sebagai Tempat Pembakaran aka Batu Bakar. Jadi anda bisa menjadikan Cobek Batu Bakar ini layaknya cobek biasa yang digunakan untuk menghaluskan bumbu, namun bisa juga anda fungsikan sebagai Batu Bakar untuk membakar atau psegala macam makanan bakar (mis: memanggang ikan, membakar sate, dll).

Cobek Batu Bakar Merapi

Cobek Batu Bakar Merapi

Andapun bisa menggunakan kedua fungsi utama dari Cobek Batu Bakar ini dalam sebuat proses pembuatan masakan. Semisal anda ingin membuat sambal yang butuh bahan-bahannya dibakar terlebih dahulu. Misal sambal Terasi Bawang Bakar: Kupas Bawang Merah, Bawang Putih dan masukkan ke dalam cobek. Jangan lupa ambil beberapa buah cabe dan terasinya. Lalu bakar bahan-bahan tersebut dengan Cobek Batu Bakar. Bolak balik sebentar biar bahan terbakar atau terpanggang dengan rata, lalu angkat cobeknya dari kompor. Tinggal kasih garam lalu haluskan sekalian di dalam cobek. Jadilah Sambal Terasi Bawang Bakar. Mudah bukan?

Cobek Batu Bakar Merapi

Cobek Batu Bakar Merapi: Sambel Terasi Bakar

Soal Rasanya? Mungkin ini rasa yang pertama kali anda rasakan, dijamin Luar biasa. Sambal Terasi Bakar menu ciptaan MunTHu.Com.

Secara teknis, karena berfungsi juga sebagai Tempat Panggangan, Cobek Batu Bakar ini didesign agak tipis. Hal ini selain mempermudah untuk proses pencucian cobek setelah dipakai (ringan), juga agar cobek lekas panas jika digunakan sebagai panggangan atau sebagai pengganti arang untuk bakar-bakaran.

Spesifikasi:

Harga: Rp 120.000,00 per buah (dengan ulekannya)
Bahan: Batu Kali DAS Merapi
Dimensi: Bulat diameter 25cm, Tebal 3,8-4cm
Pengerjaan: Potong Gergaji, Pahat Manual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *