Lumpang Batu Kali dengan Alu Tumbukannya: Kuat, Keras dan Tahan Lama

Harga: Rp 250ribu per set (Lumpang dan Alunya). Berbeda dengan Lumpang Batu Gunung Merapi yang bentuknya bisa cantik dan mulus karena dipahat menggunakna mesin bubut, Lumpang Batu Kali ini dikerjakan secara manual dengan peralatan tangan tanpa bantuan bubut. Alasannya sederhana, Lumpang Batu Kali ini tidak bisa dipahat dengan mesin bubut karena terlalu keras dan kuat.

Lumpang dan Alu Batu Kali Asli

Lumpang dan Alu Batu Kali Asli

Justru karena tak mempan di bubut ini Lumpang Batu Kali memiliki kelebihan dibandingkan dengan Lumpang Batu Gunung. Pertama tentu saja soal kekerasan batu sehingga tidak mudah pecah. Kedua lebih berat baik alunya maupun lumpangnya sehingga lebih mudah menghaluskan bumbu dengan cara ditumbuk.

Lumpang dan Alu Batu Kali Asli

Lumpang dan Alu Batu Kali Asli

Akan tetapi, karena dikerjakan secara manual dengan alat pahat sederhana, proses pembuatannya diperlukan waktu yang lebih lama dibanding Lumpang Batu Gunung. Inilah yang mengakibatkan Lumpang dan Alu Batu Kali harganya lebih mahal dibanding LUmpang Batu Gunung.

Lumpang dan Alu Batu Kali Asli

Lumpang dan Alu Batu Kali Asli

Ukuran Lumpang Batu Kali ini pun terbatas untuk ukuran yang besar diatas 24cm. Hal ini dikarenakan karena pengerjaan manual dalam pembuatannya. Semakin kecil lumpang, semakin susah dipahat secara manual. Seperti terlihat di gambar, Lumpang dan Alu Batu Kali Asli ini bagian luarnya tidak dihaluskan masih berupa pahatan kasar (cuplikan). Karena untuk menghaluskannya memerlukan waktu yang cukup lama.

Karena ukurannya yang besar ini, Lumpang Batu Kali ini tidak begitu cocok untuk digunakan buat didapur yang hanya memerlukan memasak dengan jumlah yang kecil. Akan tetapi kalau biasa membuat bumbu dengan jumlah yang banyak Lumpang Batu Kali ini sangat cocok digunakan.

Harga:

Ukuran 24-25cm: Rp 250ribu dengan Tumbukan Alunya
Ukuran 26-27cm: Rp 350ribu dengan Tumbukan Alunya.

2 thoughts on “Lumpang Batu Kali dengan Alu Tumbukannya: Kuat, Keras dan Tahan Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *