Ciri – Ciri Cobek dari Cetakan Semen (dengan Contoh Gambar)

Bagi orang awam, memang agak susah untuk bisa membedakan mana cobek / lumpang yang terbuat dari batu asli (batu bermacam-macam juga jenisnya) dengan cobek yang terbuat dari cetakan semen (ini juga bermacam-macam tipenya). Nah kali ini MunTHu.Com akan memberikan beberapa ciri-ciri cobek yang bukan merupakan batu asli tetapi terbuat dari semen.

Cobek Cetakan Semen dan Campuran Pasir

Gambar 1 – Cobek Cetakan Semen dan Campuran Pasir

Cobek pada Gambar 1 diatas merupakan cobek yang terbuat dari cetakan semen yang dicampur dengan pasir dan kerikil. Cobek yang terbuat dari cetakan semen diatas sengaja dicetak agar menyerupai cobek batu asli terutama cobek dari batu candi asal Muntilan. Mulai dari warna yang dibuat agak hitam dengan campuran warna hitam dan semen, sampai dibikin semacam campuran kerikil yang agak kasar biar keliatan keset. Bahkan Cobek dari cetakan semen diatas tidak ada bau semen yang tersisa. Campuran pasir dan kerikil pun terlihat homogen seperti cetakan. Disamping juga warnanya yang cenderung tidak natural. Tentu saja Cobek Cetakan semen tidak baik digunakan untuk menghaluskan bumbu.

Cobek Cetakan Semen dan Campuran Pasir

Gambar 2 – Tampak Bawah: Cobek Cetakan Semen dan Campuran Pasir

Beberapa jenis cetakan semen tidak selalu sama dengan contoh Gambar yang saya berikan diatas. Ada yang cetakan semen tapi kerapatannya mirip dengan cobek batu kali yang sedemikian alus, kuat dan licin, disamping warnanya juga hitam mirip batu serta sudah dilakukan polesan dengan menggunakan cutter karena telah dicampur pewarna. Bentuknya pun bisa bermacam-macam, ada yang bulat, ada yang bundar, dan sebagainya. Jadi contoh diatas tidak bisa dijadikan acuan satu-satunya contoh cobek cetakan semen.

Cobek Cetakan Semen dan Campuran Pasir

Gambar 3 – Tampak Atas: Cobek Cetakan Semen dan Campuran Pasir

Gambar 4, Gambar 5 dan Gambar 6 dibawah ini merupakan Cobek Cetakan Semen (tidak batu asli) yang memiliki karateristik agak berbeda dengan contoh sebelumnya (Gambar 1, Gambar 2, dan Gambar 3). Cobek cetakan semen pada Gambar 4 dan Gambar 5 memiliki kerapatan yang lebih tinggi dibanding Gambar 1. Demikian pula warnanya dibuat lebih hitam dibanding Cetakan Semen Gambar 1. Ini karena Cobek Cetakan Semen Gambar 4 dikasih pewarna hitam agar lebih terlihat seperti batu.

Cobek Cetakan Semen dengan Pewarna Hitam

Gambar 4 – Cobek Cetakan Semen dengan Pewarna Hitam

Karena pewarnaan ini cobek ini dilakukan setelah cetakan, maka ketika digunakan cobek dan ulegannya terlihat putih bahkan setelah dicuci dan dibersihkan. Walaupun dalam kasus Cobek cetakan yang diberi warna ini juga bisa tidak terlihat putih setelah digunakan karena pewarnaannya (menggunakan pewarna sandy biasanya) dilakukan sekaligus dalam adonan campuran semen dan pasir (lebih boros pewarna).

Cobek Cetakan Semen dengan Pewarna Hitam

Gambar 5 – Cobek Cetakan Semen dengan Pewarna Hitam

Tekstur bagian belakang dari Cobek Cetakan Semen yang ini pun sengaja dibuat semacam ada tatahan padahal itu bukan. Bagi orang awam, sangat mungkin kesulitan membedakannya dengan cobek batu asli. Maka dari itu berhati-hatilah dalam membeli Cobek

Cobek Cetakan Semen dengan Pewarna Hitam

Gambar 6 – Cobek Cetakan Semen dengan Pewarna Hitam

Pewarna hitam ini gak melulu untuk Cobek Cetakan Semen. Beberapa Cobek yang diwarnai hitam ini juga bahannya dari Cobek Batu Asli. Kemungkinan biar pembeli lebih tertarik dengan cobek yang diwarnai hitam itu. Soalnya Batu Asli semacam Batu Gunung Merapi, kalau dalam kondisi kering, warnanya keabuan dan gak menarik untuk dilihat. Batu Asli yang diwarnai hitam ini juga gak layak untuk dibeli dan digunakan. Berbahaya itu pewarnanya. Sayang walau MunTHu.Com pernah melihat batu cobek yang diwarnai hitam ini (dijual di salah satu toko tempat wisata di Jogja), tapi belum sempat mengabadikannya.

Contoh Cobek Cetakan Semen

Gambar 7 – Contoh Cobek Cetakan Semen

Guna mengetahui apakah cobek yang akan anda beli atau yang sudah anda pakai merupakan cobek cetakan semen atau tidak pastikan anda membandingkannya dengan cobek batu asli (beberapa contoh cobek asli sudah saya berikan di artikel Ciri Khas Cobek Merapi). Jika anda sudah terbiasa melihat maka akan mudah mengetahui cobek tersebut terbuat dari cetakan atau tidak. Gambar 8 dibawah ini adalah contoh cobek batu asli terbuat dari Batu Andesit Gunung Merapi yang bisa anda gunakan sebagai pembanding.

Pembanding: Cobek Batu Asli Gunung Merapi

Gambar 8 – Pembanding: Cobek Batu Asli Gunung Merapi

Jika anda masih tidak yakin, anda bisa menghubungi kami dengan mengirimkan gambar cobek yang anda ingin pastikan terbuat dari batu asli atau cetakan semen. Dengan senang hati kami bersedia membantu. Alamat WhatsApp, BBM, dan email tercantum diwidget blog ini.

Tambahan: Contoh (lagi) Cobek Cetakan Semen

Contoh Cobek Cetakan Semen

Contoh Cobek Cetakan Semen

Contoh Cobek Cetakan Semen

Contoh Cobek Cetakan Semen

Bekas tatahan yang keliatan disengaja ini sering membuat pembeli mengira cobek cetakan semen ini merupakan cobek batu asli, padahal bukan. Hati hati kalau membeli cobek. Tidak serta merta yang ada bekas pahatan itu dari batu, itu bisa jadi hanya teknik untuk mengelebahu pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *