Video: Pemasangan Stupa Candi Borobudur

Guna memperoleh gambarang jelas mengenai bagaimana Stupa Candi Borobudur yang terbuat dari Batu Andesit Gunung Merapi ini disusun sehingga membentuk Stupa, MunTHu.Com mempersembahkan video cara penyusunan dan pemasangan stupa Candi Borobudur. Secara sederhana pemasangan stupa ini sangat mirip dengan permainan lego. Seperti halnya lego, stupa Candi borobudur ini disusun lapisan demi lapisan. Dalam video berikut Stupa Candi Borobudur terdiri dari 14 lapisan.

Sebelum disusun, permukaan lantai atau dasar dari Stupa Candi Borobudur perlu dipastikan benar-benar datar atau rata air. Untuk memastikan permukaan lantai benar-benar dasar, dibutuhkan semacam water pas ataupun selang air sebagaimana digunakan juga oleh para tukang bangunan untuk menentukan datar tidaknya sebuah bangunan. Pastikan juga sebelumnya batu-batu yang akan disusun dibersihkan sampai bersih dengan menggunakan sikat dan air.

Bagian lapisan terbawah dari Stupa buatan MunTHu.Com yang ditandai dengan A1 sampai A24. Kemudian setelah bagian lapisan A tersusun rapi, diatas bagian A1 diletakkan ditengah-tengah sesuia dengan garis bagian B1. Dengan mengikuti arah jarum jam — ditandai dengan tanda panah –, B2 disusun disebelah B1. Demikian seterusnya sampai selesai (B26).

Bentuk Jadi Stupa Candi Borobudur

Bentuk Jadi Stupa Candi Borobudur

Lanjutkan proses penyusunan ini sampai untuk lapisan C, D, E, F, G, H, I, J. Lalu tinggal memasang atap dari stupa. dan kemudian puncaknya. Pastikan benar-benar sesuai dengan tanda yang diberikan. Jangan sampai salah. Ketika semua sudah selesai dipasang, maka bentuk Stupa Candi Borobudur sudah benar-benar sempurna.

Jika anda berminat memesan Stupa Candi Borobudur ini berikut ukuran dan harganya, silahkan baca Harga dan Cara Pembuatan Stupa disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *