Keningar / Ningar: Lokasi Tambang Batu Andesit Gunung Merapi

Lahan di daerah Keningar (Ningar), Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, banyak batu andesit yang sangat bagus digunakan buat relief, nisan, patung dan sejenisnya. Kualitasnya jauh lebih bagus dibanding batu andesit daerah Kaliurang.

Tambang Batu Andesit Gunung Merapi di Keningar Dukun Magelang

Tambang Batu Andesit Gunung Merapi di Keningar Dukun Magelang

Dulu, sekitar tahun 70an kalau lahannya ada batu, dengan senang hati batu itu boleh diambil secara gratis. Malah senang luar biasa yang punya lahan. Kalau batu udah diambil, lahan yang bisa dikonversi jadi sawah. Dan menghasilkan.

Sekarang, bua tnyari batu musti gali manual seperti ini. Kadang lahan gak seberapa luas musti dibeli dengan harga puluhan juta. Buat diambil pasir dan batunya. Tambang Batu ini berjarak sekitar 800 meter dari Perumahan Penduduk terdekat.

Baru beberapa bulan ada larangan Eskavator gak boleh dipake buat gali lagi. Sekarang carinya manual. Lokasi tambang di daerah Keningar ini berada di tepi Sungai Senowo, yang merupakan salah satu aliran dari lahar hujan / lahar dingin merapi.

Sebagaimana mestinya di tempat kerja, terdapat pula tempat istirahat sementara bagi para penambang batu andesit Gunung Merapi. Biasanya cuma gubuk sederhana dengan menggunakan terpal sebagai atap pelindung. Disinilah para pekerja beristirahat sekaligus makan dan minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *