Arca Dwarapala / Patung Gupolo / Retjo Pentung Batu Candi Alam Gunung Merapi

Harga: Rp 2.500.000 sepasang (dua buah). Foto yang saya tampilkan dalam tulisan ini oleh penduduk sekitar candi atau oleh para pengrajin batu di Muntilan sering disebut dengan patung Gupolo. Walaupun sebenarnya yang dimaksud dengan Patung Gupolo ini adalah arca / patung Dwarapala: Cingkara Bala dan Bala Upata. Sedang Gupolo sesungguhnya merupakan sebutan sebuah situs arca. Situs Arca Gupolo merupakan kumpulan dari 7 buah arca berciri agama hindu yang terletak di dekat candi Ijo dalam posisi berdiri dan duduk. Penduduk sekitar candi ijo kadang hanya menyebut gupolo ini untuk patung Agastya. Beberapa orang juga sering menyebut patung ini dengan sebutan Patung Retjo Pentung / Reco / Rejo Pentung.

Sepasang Arca Dwarapala / Gupolo dari Batu Candi Merapi
Sepasang Arca Dwarapala / Gupolo dari Batu Candi Merapi

Ada beberapa versi bentuk dari arca Dwarapala. Di daerah thailand atau kamboja, dwarapala digambarkan dengan tubuh yang langsing dan memegang gada dikedua kakinya. Sedangkan di daerah jawa khususnya jawa tengah dan jawa timur, Dwarapala sering digambarkan dengan tubuh gemu dengan gada.

Biasanya diletakkan sebagai patung penjaga pintu gerbang mirip dengan patung samsi. Kadang jumlahnya hanya satu buah, kadang dua buah untuk situs candi, kadang ada empat, delapan atau bahkan dua belas sebaga dewa penjaga empat atau delapan mata angin.

Patung Dwarapala ini terbuat asli dari batu gunung merapi atau yang sering disebut dengan batu candi (nama ilmiahnya batu andesit, walau orang luar negeri sering menyebutnya dengan lava stone). Sepasang Arca Dwarapal (2 buah) dengan ukuran tinggi 50cm kami jual dengan harga 3juta rupiah.

Spesifikasi:

Ukuran: Tinggi 50cm Harga Rp 2.500.000 sepasang (2 buah)
Tinggi 60cm Harga Rp 3.500.000 sepasang (2 buah)
Tinggi 70 cm Harga Rp 4.500.000 sepasang (2 buah)
Tinggi 80 cm Harga Rp 5.800.000 sepasang (2 buah)
Tinggi 90 cm Harga Rp 10.000.000 sepasang (2 buah)
Tinggi 100 cm / 1 meter Harga Rp 11.000.000 sepasang (2 buah)

Bahan baku: Batu Candi / Batu Alam Merapi
Pengerjaan: Tatah, Potong Mesin, Pahat Manual, Cutter

29 thoughts on “Arca Dwarapala / Patung Gupolo / Retjo Pentung Batu Candi Alam Gunung Merapi”

  1. Mas, berapa harga 1 buah patung dwarapala kalo tingginya 100 cm? Pengiriman ke Blitar, Jawa Timur. tapi posisi saya saat ini lagi di Lampung.
    Mohon dibalas via email. Tx

  2. bisa beli satu saja arca dwrapala tinggi 50 cm, (akan diletakan disisi kiri jalan masuk – gada dipegang tangan yang mana ya? ) berapa harganya sampai di jakarta ? volume dan beratnya tolong diinfokan ya….tks

    1. Patung Dwarapala kalau sampai Jakarta Ongkirnya 200ribu pak. Kalau cuma satu musti pesan dulu pak. Harga 1 buah dwarapala ukurang 50cm, 1,8juta. Kalau kiri jalan biasanya dipegang tangan kiri juga gadanya.

  3. mas saya mau bikin patung batu org gembala tinggi 75cm…tapi jgn mahal2…patungnya juga ga usah bagus2 g penting mirip aja seorang gembala…harganya bisa sekitar 500 rb an gaMas…bales via email ya mas

  4. Selamat malam Mas,saya Herwin di Pontianak, klo pesan patung Gupolo ukuran 30 cm brp harga dan ongkir nya Mas??

  5. Bapak.

    Syukurlah..akhirnya saya menemukan alamat ini.
    Dari dulu saya mencari.

    Saya pesan yg ukuran 80 Cm sepasang.

    Tolong :
    1. Yang GADAnya KE BAWAH
    2. Wajahnya Agak TERSENYUM.

    Berapa DP dan Norek banknya??

    Terimakasih.

  6. Mas… klo pesan 2 Arca Dwarapala kanan kiri dg model seperti yg ada di Candi Singosari..
    Tinggi 1,5 meter .. berapa ?
    Kirim ke Malang ongkosnya berapa ?

  7. Daftar harga sekarang apa sama dengan yang tercantum diinternet, kalau sudah ada perubahan patung gupala dengan tinggi 60 cm atau 70 cm berapa? terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *