Umpak Batu Candi / Alam Merapi (Penyangga Tiang)

Harga: Rp 350.000,00 per biji. Umpak merupakan dari sebuah bangunan yang berfungsi sebagai alas tiang (tiang kayu atau tiang yang lainnya). Kadang kalau Umpak juga dijadikan sebagai pondasi bangunan terutama untuk rumah tradisional ataupun penyangga tiang pendopo. Kadang juga disebut dengan Batu Sendi. Beberapa masjid dengan arsitektur kuno semacam Masjid Agung Mataram di Yogyakarta juga masih menggunakan umpak untuk digunakan sebagai alas penyangga dari tiang utama (sering disebut soko guru).

Umpak Batu Alam / Candi Penyangga Tiang

Umpak Batu Alam / Candi Penyangga Tiang

Kegunaan dari umpak ini sendiri dalam sebuah arsitektur bangunan adalah berfungsi untuk meninggikan bangunan serta memberikan ruang jeda antara tanah dengan kayu sebagai tiang penyangga. Hal ini dilakukan agar tiang menjadi lebih awet dan tidak dimakan rayap.

Umpak dapat berasal dari susunan batu yang disemen atau bahkan sekedar tatanan batu bata. Akan tetapi yang paling sering dan umum digunakan adalah umpak berbahan dasar Batu Alam dalam hal ini Batu Alam Gunung Merapi atau Batu Candi. Sering pula lebih dikenal dengan sebutan batu umpak dibanding umpak batu.

Karena berfungsi sebagai penyangga yang terlihat langsung oleh mata / kasat mata, maka biasanya umpak dipercantik dengan ukiran-ukiran tertentu agar lebih elok dipandang dan memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Ada berbagai ukuran umpak tergantung dari tiang yang bakal disangganya. Jika tiang besar maka umpak batunya juga harus lebih besar dari tiangnya.

Spesifikasi:

Ukuran dan Harga:

18cm x 22cm x 25cm harga Rp 350.000,00
20cm x 30cm x 40cm harga Rp 650.000,00

Tersedia ukuran yang lebih besar atau kecil, sesuai permintaan.

Bahan Baku: Batu Candi (Batu Alam Merapi)
Pengerjaan: Potong batu, cutter, ukir manual (pahat tatah dan cuplik).

4 thoughts on “Umpak Batu Candi / Alam Merapi (Penyangga Tiang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *