Pembuatan Stupa Candi Borobudur Seni Pahat Batu Alam Merapi

Harga: Rp 13.000.000 – Rp 100.000.000 per unit. Salah satu produk unggulan kerajinan seni pahat batu alam / batu candi di Sewan, Sedayu, Muntilan, dan sekaligus merupakan keahlian khusus yang tidak sembarang pengrajin bisa melakukannya adalah pembuatan Stupa Candi Borobodur. Ya, ini sama persis dengan ukuran Stupa yang ada di Candi Borobudur yang berupa susunan dan pahatan batu alam membentuk stupa, bukan sekedar miniatur atau ukuran stupa yang dijual sebagai souvenir yang berukuran kecil. Ini benar-benar Stupa Candi Borobudur dengan ukuran sebenarnya alias 1 banding 1 (1:1).

Nah secara singkat saya akan menyampaikan beberapa proses pembuatan Stupa Candi di kesempatan kali. Ukuran Stupa Candi Borobudur yang dijadikan contoh proses pembuatan oleh pengrajin MunTHu.Com ini memiliki diameter 250centimeter atau 2,5 meter dan tinggi 300 centimeter atau 3 meter.

Pembuatan Stupa Candi ini dimulai dari bagian paling bawah yaitu bagian dasar sebagai pondasi dari Stupa itu sendiri. Agar membentuk lingkaran secara sempurna dibuat semacam lingkaran bantuan terlebih dahulu berupa semacam garis imaginer. Lalu sedikit demi sedikit, batu-batu disusun membentuk lingkarang dasar sampai terbentuk sempurna. Lalu dilanjutkan dengan bagian atasnya satu demi satu.

Proses pemahatan dasar Stupa yang berbentuk bunga teratai dilakukan setelah didapatkan bentuk sempurna dari bagian ini. Jadi bentuk teratai dipahat ketika sudah menjadi bentuk lingkaran bukan sebelum berbentuk lingkaran. Demikian pula bagian-bagian atasnya. Untuk itulah terdapat semacam tonggak / tiang sebagai pusat (center) yang dipergunakan agar bentuk bagian-bagiannya tetap membentuk lingkaran sempurna. Diperlukan pula semacam pasir untuk mengisi kekosongan dari stupa tersebut agal stupa lebih mudah ditata dan tidak bergeser. Proses Pembuatan Stupa gak dilekatkan dengan alat pelekat, tapi sekedera ditata seperti lego.

Stupa Candi Borobudur Yang Sudah Jadi

Stupa Candi Borobudur dari Batuan Andesit buatan MunTHu.Com

Bagian yang berlubang berbentuk belah ketupat (diamond) juga dibentuk sedikit demi sedikit, sampai proses itu sempurna. Biasanya dilakukan setelah bentuk tengah sudah terbangun utuh, baru kemudian dipahat bagian yang membentuk belah ketupat tersebut.

Hampir semua peralatan pahat batu digunakan untuk bisa membuat Stupa Candi ini. Mulai dari Gergaji Batu, Cutter Batu, Tatah, Cuplik, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan Stupa Candi memiliki kerumitan tersendiri dalam pengerjaannya. Waktu yang diperlukan untuk membuat Stupa Candi ini pun tidaklah bisa cepat alias butuh waktu yang lama sekitar 4 sampai 6 minggu. Yang mengerjakannya pun bukan hanya 1 pengrajin, tapi bisa lebih dari 2 pengrajin.

Spesifikasi Stupa Batu Candi

Ukuran dan Harga:

Diameter bawah 1,5meter / 150cm; Harga 13 juta (Rp 13.000.000,00)
Diameter bawah 2 meter / 200cm; Harga 25 juta ( Rp 25.000.000,00)
Diameter bawah 2,5 meter / 250cm; Harga 35 juta (Rp 35.000.000,00)
Diameter bawah 3 meter / 300cm; Harga 55 juta (Rp 55.000.000,00)
Diameter bawah 3,5 meter / 350cm; Harga 80 juta (Rp 80.000.000,00)

Bahan Baku: Batu Alam Merapi / Batu Candi
Pengerjaan: Potong batu, Pahat, pemasangan, penghalusan, finishing

4 thoughts on “Pembuatan Stupa Candi Borobudur Seni Pahat Batu Alam Merapi

  1. Darwin Maspolim

    Saya mau pesan 1 stupa candi Borobudur ukuran sebenarnya harganya berapa? Untuk transportasi dibagi berapa bagian? Pemasangan di daerah punjak bisa kena biaya berapa?

    Reply
    1. haqiqie Post author

      Harga 35juta pak, belum termasuk ongkos kirim plus pemasangan. Silahkan hubungi nomer PIN BB atau HP yang tercantum di website ini untuk info lebih lanjut.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *