Seni Pahat Relief Dinding Ornamen Ukiran Batu Putih (Kapur)

Relief Dinding Batu Putih Motif Ornamen Bunga Kuncung Bawok

Relief Dinding Batu Putih Motif Ornamen Bunga Kuncung Bawok (Kangkung / Bunga Teropong)

Harga: Rp 1.200.000,00 per buah (minimal Order 10 + packaging). Relief dinding yang biasa dipasang di tembok rumah, maupun tembok pagar atau bahkan di gapura dan berbagai dinding ini terbuat dari Batu Putih yang berasal dari daerah Wonosari, Gunung Kidul. Walaupun Bahan Baku Batu Putih ini berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta, akan tetapi seluruh proses pemahatan dilakukan di dusun Sewan, Sedayu, Muntilan, Magelang (Pengrajin MunTHu.Com).

Ada perbedaan penting antara Batu Putih dari Wonosari, Gunung Kidul, dengan Batu Alam (Batu Candi) dari Gunung Merapi. Batu Putih merupakan batuan sedimen dari batu kapur, sedang Batu Alam Gunung Merapi merupakan batuan beku (Andesit). Batu Putih lebih rapuh dibandingkan dengan batu Candi. Walaupun dari kerapuhan ini mengandung arti bahwa Batu Putih lebih mudah diukir dan dipahat dibanding batu alam. Itulah kenapa relief dinding dengan ukiran ini lebih murah dibanding misalnya Relief patung kepala budha walaupun ukurannya lebih besar.

Relief Dinding Batu Putih Motif Ukiran Ayam Jantan dan Bunga Matahari

Relief Dinding Batu Putih Motif Ukiran Ayam Jantan dan Bunga Matahari

Ada berbagai macam bentuk ukiran / ornamen dari Relief dinding ini. Beberapa contoh yang saya berikan disini dominan berupa gambar bunga, walaupun ada juga yang gambar binatang semacam ayam jantan dan ikan hias. Untuk bentuk ukiran, jika anda menginginkan bentuk yang berbeda, bisa dipesan dengan mengirimkan contoh gambarnya ke pengrajin kami. Nanti akan dipahatkan dan dibuatkan sesuai pesanan anda.

Dari contoh yang kami berikan, relief dinding batu putih ini ada yang berbentung bunga kuncung bawuk, bunga matahari, bunga kamboja, pohon anggur, pohon bambu, bunga sepatu, ikan mas koi dan juga ayam jantan. Untuk Relief dinding Batu Dinding ini memiliki berbagai macam ukuran, namun untuk artikel ini, kami memberikan standar ukuran 100cm x 50 cm x 10cm (Panjang x Lebar x Tebal). Untuk ukuran yang lebih kecil akan dibuatkan page tersendiri dengan harga yang berbeda.

Relief Dinding Batu Putih Motif Ukiran Pohon Anggur

Relief Dinding Batu Putih Motif Ukiran Pohon Anggur

PACKING / PACKAGING / PENGEMASAN

Karena Batu Putih mempunyai karateristik yang rapuh dibandingkan batu alam (batu candi), maka ada perlakuan khusus ketika relief dinding batu putih ini sudah jadi dan hendak diambil atau dikirimkan baik lewat cargo atau diantarkan langsung. Relief dinding ini musti dipacking dengan cara tertentu (menggunakan kayu) supaya hasil dari ukiran dan pahatan di reliefnya tidak rusak. Nah harga yang kami sebutkan diatas sudah termasuk dari pengemasan atau packing ini walaupun belum termasuk ongkos kirimnya.

Relief Dinding Batu Putih Paras Jogja: Pengerjaan dan Pemasangan

Kami juga menerima permintaan pembuatan maupun pemasangan relief batu putih sesuai dengan design atau permintaan pembeli. Sebagai contoh, berikut adalah order dari PIP Semarang yang September 2017 kemarin berhasil kami selesaikan. Warna batu karena masih baru dalam kondisi basah belum begitu sama, kalau sudah usia 1 bulan lebih bisa sama warnanya karena sudah kering.

PIP Semarang Relief Dinding Batu Putih

PIP Semarang Relief Dinding Batu Putih

Proses Pengerjaan dan Pemasangan dalam dilihat dalam foto dibawah ini.

Spesifikasi:

Harga: Rp 1.200.000,00 per buah dengan MINIMAL ORDER 10 buah motif pilih sendiri bisa campur-campur (sudah termasuk packaging; belum termasuk ongkos kirim)
Bahan Baku: Batu Putih (Kapur) dari Wonosari, Gunung Kidul, DIY (Bisa juga dari Batu Putih Palimanan, Batu Putih Wonogiri, atau Batu Putih Semin; Harga lebih mahal)
Pengerjaan: Potong Batu, Pahat Manual, Finishing
Ukuran: 100cm x 50cm x 10cm

Gallery Relief Dinding Batu Putih

Untuk kesulitan pemesanan bisa Hubungi Kami atau baca Cara Pesan

One thought on “Seni Pahat Relief Dinding Ornamen Ukiran Batu Putih (Kapur)

  1. bejosugiantoro

    saya sangat tertarik dengan cara dan disain pembuatan
    mungkin anda bisa berbagi tips caranya bos,kalau pahat patung gimana bos caranya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *