Proses Pahat Batu Alam Gunung Merapi Di Sewan

Selain menggunakan mesin-mesin modern seperti Mesin Bubut, Cutter, atau Gergaji Diesel, banyak kerajinan batu candi atau batu alam Gunung Merapi di Sewan, Sedayu, Muntilan, Magelang, tetep menggunakan cara-cara manual traditional seperti menatah, mencuplik, dan menyecel (dan sejenisnya) yang hanya melibatkan penggunaan palu dan alat pahat tradisional semacam tatah, cuplik atau penyecel.

Penggunaan Alat Pahat Tradisional / Manual: Seorang Pengrajin Sedang Memahat

Penggunaan Alat Pahat Tradisional / Manual: Seorang Pengrajin Sedang Memahat

Penggunaan alat-alat tradisional ini masih dibutuhkan untuk tugas-tugas pemahatan yang memerlukan kesulitan tinggi atau detail khusus yang tidak dapat digantikan dengan alat-alat pahat modern. Semisal untuk membentuk patung, untuk membentuk ukiran relief, untuk menjangkau sudut-sudut yang sulit dalam pahat batu, untuk membuat lubang dengan kedalaman tertentu yang besar, untuk membelah batu, untuk membuat bakalan batu sebelum masuk ke mesin bubut, atau untuk membentuk lengkungan khusus yang tidak dapat digantikan dengan alat pahat modern.

Salah satu contoh dari proses pemahatan manual ini dapat dilihat pada video diatas. Endaryono, seorang pemahat batu MunTHu.Com sedang membuat atap sebuah pagoda (lampion) dengan menggunakan semacam penyecel (bentuk pipih namun agak kecil). Di tempat kerja yang sangat sederhana bentuknya, yaitu berupa gubuk, Pengrajin ini dengan tekun mengayunkan palunya ke penyecelnya untuk membentuk atap lengkung kedalam dari pagoda. Ini dilakukan sebelum nanti dihaluskan dengan cutter datar / mangkok (gambar bawah).

Penggunaan Mesin Modern untuk Penghalusan Pahat Batu

Penggunaan Mesin Modern untuk Penghalusan Pahat Batu

Video diatas hanyalah sebagian kecil dari contoh penggunaan alat pahat tradisional untuk membuat kerajinan batu. Masih banyak fungsi dari alat pahat tradisional ini yang tetep digunakan oleh para pengrajin, semisal untuk membelah batu yang cukup kecil digunakan alat tatah (kalau batu ukuran besar biasanya digunakan alat belah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *