Mesin Bubut dan Proses Pembubutan Batu Alam Merapi di Dusun Sewan

Salah satu alat untuk mengolah batu alam dari Gunung Merapi menjadi berbagai produk Kerajinan Batu adalah Mesin Bubut Batu. Mesin Bubut Batu ini terutama berguna untuk membentuk batu menjadi bahan olahan yang cenderung berupa bulat lingkaran dengan memanfaatkan putaran dari mesin bubut itu sendiri. Hasil kerajinan dari produk Bubut Batu ini yang berbentuk bulat sebagai contoh adalah Cobek, Lumpang, Alu, Meja Bundar, Air Mancur Teratai, Pot bunga, Stupa Candi dan sejenisnya.

Mesin Bubut dengan Batu Alam Siap dibentuk

Mesin Bubut dengan Batu Alam Siap dibentuk

Secara umum Mesin Bubut batu Alam dapat dibedakan menjadi dua macam berdasarkan sumber penggeraknya. Yang Pertama digerakkan dengan tenaga Listrik dan yang kedua digerakkan dengan tenaga Bahan Bakar Minyak (Diesel). Walaupun pada dasarnya keduanya sama dalam peruntukan akhir untuk membubut dengan memberikan tenaga putar ke mesin bubut batu, akan tetapi secara khusus untuk Pengrajin di Dusun Sewan ada perbedaan signifikan diantara keduanya.

Mesin bubut dengan Listrik yang bersumber dari Perusahaan Listrik Negara atau PLN, karena hanya dalam lingkup Usaha Kecil Perumahan, maka daya yang bisa digunakan juga kecil. Dengan demikian Daya Putar atau Tenaga yang dihasilkan oleh Mesin bubut listrik tidak begitu besar. Dari sifat Daya yang dihasilkan kecil inilah mesin bubut batu dengan tenaga Listrik di Dusun Sewan, Sedayu, Muntilan hanya cocok diperuntukkan untuk membubut produk kerajinan batu yang sifatnya kecil dan tidak berat. Contohnya adalah cobek, lumpang, alu, atau yang produk yang tidak memiliki massa (berat) yang tinggi (kurang dari 40kg).

Sedangkan untuk Mesin Bubut dengan tenaga Mesin Diesel yang bersumber dari BBM berjenis Solar, bisa diandalkan untuk mendapatkan tenaga / daya yang besar. Maka dari itu Mesin Bubut Diesel sanggup untuk membubut batu alam berukuran besar dan mempunyai berat yang cukup signifikan. Batu dengan diameter lebih dari 50 centimeter dan panjang dua meter pun sanggup diproses. Contoh pada Video Youtube yang saya berikan diatas adalah salah satunya. Produk Olahan semacam Meja bundar besar diameter lebih dari 1 meter, pot bunga besar, air mancur berukuran besar, dan sejenisnya mampu diproduksi dengan Mesin bubut dari Diesel ini.

Dan tentu saja alat-alat bubut semacam bilah baja untuk membubut batu, tempat dudukan batu, pondasi mesin bubut, juga menyesuikan dengan produk-produk yang akan diolah. Kalau Mesin bubut Diesel digunakan untuk membubut produk cobek, lumpang yang berukuran kecil juga tidak cocok untuk digunakan. Selain pemborosan juga tenaganya terlalu besar.

Catatan: Sebelum Pembubutan Batu Alam, biasanya Batu telah dibentuk bulat kasar secara manual dengan menggunakan cuplik dan tatah. Sebagaimana terlihat dalam salah satu gambar diatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *