Cobek Datar dan Cobek Dalam: Sebuah Penjelasan

Tulisan ini hanyalah sekedar penjelasan singkat tentang apa yang sering disebut oleh orang-orang dengan Cobek Datar dan Cobek Dalam. Sebenarnya bukan itu nama asli barang yang dimaksud walaupun karena bentuknya yang agak berbeda sesuai penampilannya, maka sering disebutnya dengan sebutan Cobek Datar dan Dalam.

Cobek Datar dan Ulegan

Cobek Datar dan Ulegan

Apa yang dimaksud dengan Cobek Datar itu sebenarnya merupakan Cobek itu sendiri atau sering disebut juga dengan Cowet, Cowek, Ciri, Layah atau Lemper. Karena bentuknya yang bulat dan lubangnya yang cenderung tidak dalam, maka cowet ini oleh orang awam sering disebut dengan Cobek Datar. Pasangan dari Cobek ini adalah ulegan atau munthu.

Cobek Dalam (Lumpang) dan Alu Batu Candi

Cobek Dalam (Lumpang) dan Alu Batu Candi

Sedangkan yang dimaksud dengan Cobek Dalam itu adalah Lumpang. Lumpang memang bentuknya sama dengan cobek dari segi permukaan (bulat atau kotak juga bisa) namun memiliki lubang yang jaul lebih dalam dibanding dengan Cebok. Karena lubang yang dalam inilah orang yang tidak kenal dengan nama lumpang menyebutnya dengan Cobek Dalam. Pasangan dari Cobek Dalam atau Lumpang ini sering disebut dengan Alu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *