Ubin/ Tegel Batu Candi: Pemotongan Batu Alam Merapi (Stone Cutting / RTM)

Di Dusun Sewan, Sedayu, Muntilan, Magelang, selain berbagai macam produk hasil olahan manual yang berupa pahatan untuk keperluan Taman (lampion, air mancur, stupa, patung), maupun produk rumah tangga (munthu, cobek, alu, lumpang), ada juga pengrajin yang memfokuskan usahanya sebagai pemotongan batu untuk dijadikan bentuk-bentuk batu kotak seperti tegel, persegi panjang, atau yang lebih sering disebut batu potong atau Batu Alam RTM (Rata Mesin).

Proses Pemotongan Batu Alam (Gunung Merapi) dengan Gergaji Batu bermesin Diesel

Proses Pemotongan Batu Alam (Gunung Merapi) dengan Gergaji Batu bermesin Diesel

Satu catatan penting, adalah rugi besar jika memotong batu berukuran besar untuk dijadikan bentuk potongan batu tegel alam berukuran kecil. Semacam dari ukuran 1 meter persegi dijadikan ukuran 20 centimeteran. Ini hal yang merugikan. Kenapa? Karena untuk mendapatkan bahan baku Batu Merapi dengan ukuran besar itu sulit dan harganya mahal dibandingkan dengan batu yang kecil, walaupun kalau dijumlahkan volumenya sama.

Penentuan Ukuran Potongan Batu

Sebelum Batu Alam Gunung Merapi dipotong ke mesin potong, terlebih dulu musti dipastikan bahwa ukuran batu yang ingin dipotong ini sesuai dan bisa dilakukan pemotongan dengan ukuran yang dikehendaki (contoh dalam centimeter: 20 x 10 x 2; 30 x 30 x 2; 15 x 20 x 2; dan ukuran lainnya). Perlu pengalaman untuk mengetahui mana ukuran batu yang cocok, mana ukuran yang tidak cocok juga.

Sebagaimana produk kerajinan batu dari Batu Andesit lainnya, untuk batu potong ini, tidak semua jenis batu andesit batu merapi bisa diolah menjadi tegel dan sejenisnya. Hanya jenis-jenis tertentu yang bisa. Untuk jenis tegel ini sangat dibutuhkan jenis batu yang tidak mengalami cacat didalamnya, semisal batu yang berlobang atau keropos, batu dengan kerapatan rendah, batu dengan kerapatan yang terlalu tinggi (batu kali), dan sejenisnya.

Persiapan Bahan Baku Batu sebelum di Potong di Mesin Potong

Jika dirasa sudah memenuhi kriteria, batu gelondongan ini biasanya dibentuk menjadi semacam balok setengah jadi dengan cara ditatah, dicuplik dan kadang juga perlu dibelah dengan alat pahat manual semacam cuplik, tatah, atau belah.

Sebelum diletakkan di mesin pemotong (gergaji potong), biasanya Batu disiram dengan air terlebih dahulu supaya basah, hal ini untuk mengurangi debu yang bertebaran ketika batu dipotong dengan gergaji batu mesin, selain juga membantu alat potong agar tetap dingin.

Proses Pemotongan Batu Alam menjadi Kotak atau Tegel dan sejenisnya

Hal terakhir dan paling utama dari Proses Cutting batu atau memotong batu Alam ini adalah proses pemotongan di mesin potong batu itu sendiri. Untuk ukuran batu yang besar semisal 1 meter atau lebih, mesin pemotong yang digunakan pun mustilah mesin pemotong yang berukurang besar dengan pisau baja khusus yang cukup besar pula. Untuk di dusun Sewan ini, ukuran paling besar dari pisau / gergaji pemotong batu adalah berdiameter 150 centimeter. Ini bisa digunakan untuk memotong batu berukuran 50cm atau lebih.

Tegel / Ubin Bentuk Alur Batu Alam Candi Merapi

Tegel / Ubin Bentuk Alur Batu Alam Candi Merapi

Sedang untuk membentuk tegel dari potongan batu yang berukuran kecil, diperlukan juga gergaji batu berukuran kecil. Kalau batu berukuran besar untuk memotong kadang diperlukan orang 2 atau 3 orang lebih, lain halnya untuk batu berukuran kecil yang cukup satu orang pengrajin untuk mengoperasikan mesin pemotong batu ini. Diperlukan berkali-kali pemotongan dari bahan baku sebelum berhasil menjadi produk jadi.

Sebagai catatan: Seluruh mesin gergaji batu / pemotong batu merapi ini digerakkan dengan mesin diesel yang membutuhkan Solar sebagai Bahan Bakar.

Hasil Potongan Batu / Stone Cutting

Les Batu Candi / Alam Gunung Merapi

Les Batu Candi / Alam Gunung Merapi

Ada beberapa potongan batu standard yang biasa dihasilkan oleh pengrajin di Dusun Sewan, tetapi kalau ada pesanan untuk ukuran tertentu, pengrajin potong batu alam ini bisa juga mengerjakannya. Berikut adalah beberapa contoh dari hasil karya potongan batu yang sudah jadi dari para pengrajin di Dusun Sewan.

Dari berbagai jenis batu potong, ada pula yang memerlukan proses pahat manual agar didapatkan bentuk sesuai model yang diinginkan, semacam RTM yang berbentuk alur lurus atau alur patah, RTM yang dibikin jadi RTA (salah satu sisi pahatannya alami atau natural) atau bisa dijadikan semacam les / lis batu.

Harga dan Ukuran

Tegel / Ubin Rata Mesin (RTM) Batu Alam / Candi Merapi TIPE POLOS Per Meter Persegi

10cm x 20cm = Rp 60.000,00
15cm x 15cm = Rp 60.000,00
15cm x 30cm = Rp 75.00,00
20cm x 20cm = Rp 75.00,00
20cm x 40cm = Rp 80.000,00
30cm x 30cm = Rp 90.000,00

Tegel Ubin ukuran Jumbo TIPE POLOS Per LEMBAR (Satu Buah)

40cm x 40cm x 2cm = Rp 40.000,00 per lembar
50cm x 50cm x 2cm = Rp 70.000,00 per lembar
60cm x 60cm x 5cm = Rp 170.000,00 per lembar

Tegel / Ubin Rata Mesin (RTM) Batu Alam / Candi Merapi JENIS ALUR Per Meter Persegi

10cm x 20cm = Rp 85.000,00
15cm x 30cm = Rp 90.000,00
20cm x 40cm = Rp 95.000,00

Tegel / Ubin Rata Alam (RTA: Sisi ada yang kasar / alami) Batu Alam / Candi Merapi Per Meter Persegi

10cm x 20cm = Rp 65.000,00
15cm x 30cm = Rp 68.000,00

List Profile/ Les Batu Alam (buat pinggiran) per buah

4cm x 5cm x 40cm = Rp 25.000,00
4cm x 6cm x 40cm = Rp 30.000,00

Untuk kesulitan pemesanan bisa Hubungi Kami atau baca Cara Pesan

2 thoughts on “Ubin/ Tegel Batu Candi: Pemotongan Batu Alam Merapi (Stone Cutting / RTM)

  1. Wim Oosterhuis

    I am looking for a producer of a monument object made from andesit. Size 50x50x40, 3 pieces.
    If you are interested, please let me know and I send you the drawings.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *