Jual Munthu / Ulegan Batu Merapi Karya Pak Muhyasin

Harga: 7000 – 15000 rupiah per buah. Beberapa daerah menyebut Munthu dengan sebutan berbeda, semisal di daerah Jawa Timur, khususnya Tulungagung, Kediri atau Blitar, masyarakat disana lebih mengenal munthu denga sebutan huleg-huleg (uleg-uleg). Di ketiga daerah ini, cobek pun lebih dikenal dengan sebutan lemper. Di daerah lain ada yang mengenalnya dengan sebutan ulegan. (Baca: Munthu dalam berbagai variasi nama)

4 Karya Munthu Pak Muhyasin

4 Contoh Karya Munthu Pak Muhyasin

Lupakan tentang nama-nama munthu diatas, mari kembali ke produk munthu karya pengrajin di dusun di Lereng Merapi tepatnya Sewan, Sedayu, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Kali ini produk munthu merupakan hasil karya Pak Muhyasin. Di Sewan, Pak Muhyasin lebih dikenal dengan panggilan Lek Sin atau Pak Sin.

Contoh yang saya ambil dalam foto-foto yang tercantum di tulisan ini merupakan munthu yang belum dibersihkan dari kotoran debu hasil pahatan. Alur-alur hasil halusan dari mesin penghalus pun masih terlihat. Oleh sebab itu wajar jika terlihat kurang begitu bersih. Jika dibersihkan dan disikat, hasilnya hampir sama dengan Munthu Karya Pak Romi. Lain waktu saya akan memperbaharui foto-foto munthu Pak Sin dengan foto yang lebih bagus.

Pada contoh diatas, ukuran dari munthu yang diproduksi Pak Sin rata-rata berukuran 15 – 17 centimeter. Walaupun jika anda ingin memesan munthu yang lebih kecil dari itu atau lebih besar dari ukurang standard Pak Sin, Pak Sin dapat membuatkannya.

Ciri khas Munthu Pak Muhyasin seperti terlihat pada gambar adalah berbentuk segitiga kalau dilihat dari tampak depan. Kepala munthunya cukup lebar dengan leher yang cukup panjang. Sedangkan pegangan tangannya agak panjang dan mengecil.

Semakin bagus bahan yang dipakai harga dari Munthu Pak Muhyasin juga semakin Mahal, semakin besar juga semakin mahal. Pemesanan dalam partai yang banyak bisa dipenuhi oleh Pak Muhyasin. Untuk soal harga, negosiasi dengan Pak Muhyasin bisa dilakukan.

Spesifikasi:

Harga: Rp 7000 – 15000 per buah (Nego, belum Ongkos Kirim)
Bahan Baku: Batu Andesit Gunung Merapi
Pengerjaan: Belah Batu, Ditatah, Dibentuk (gerinda atau cutter), finishing (sikat dan gosok)
Ukuran: 12 – 20 centimeter (standard: 15-17cm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *