Batu Merapi: Bahan Baku Utama Pembuatan Kerajinan Batu

Batu Merapi (Andesit / Batu Lahar/ Lava Stone): Bahan Baku Kerajinan Pahat Batu

Batu Merapi (Andesit / Batu Lahar/ Lava Stone): Bahan Baku Kerajinan Pahat Batu

Seluruh kerajinan batu yang dikerjakan di dusun Sewan, Banaran, Sedayu, Muntilan, dimana tempat pengrajin melakukan pekerjaan utamanya memahat batu untuk dijadikan berbagai macam produk seni dan produk olahan berasal dari batuan Gunung Merapi. Dalam bahasa yang lebih populer, batuan ini dikenal dengan nama Batu Andesit.

Batu andesit banyak digunakan dalam bangunan-bangunan megalitik, candi dan piramida. Begitu juga perkakas-perkakas dari zaman prasejarah banyak memakai material ini, misalnya: sarkofagus, punden berundak, lumpang batu, meja batu, arca dll.



Ya, sebagaimana disebutkan di Wikipedia tentang batuan andesit yang dipergunakan untuk candi dan perkakas zaman prasejarah dan lainnya, batu yang sama juga digunakan oleh para pengrajin kami. Cobek, munthu, patung, lumpang, alu, meja batu, air mancur, lampion, lampu, dan segala produk yang dihasilkan oleh pengrajin kami mengambil bahan baku dari batu Andesit Merapi. Dalam arti tertentu tidak semua batu bisa diolah menjadi perkakas atau barang seni.

Selain batu Andesit, ada juga batu putih yang diambil dari pegunungan kapur di daerah Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, akan tetapi batuan ini lebih sering digunakan hanya sekedar buat seni semisal air mancur, patung, meja, asbak, ornamen rumah, candi, dan sebagainya. Batu putih tidak cocok untuk dipakai sebagai peralatan rumah tangga semisal cobek dan munthu.

Batu Merapi sebagai bahan baku utama kerajinan batu merupakan batu jenis yang sama yang ada di Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Prambanan, dan candi-candi yang ada di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sekitarnya. Oleh karena itu, orang sering menyebut Batu Merapi atau Batu Andesit ini sebagai BATU CANDI. Ada pula yang lebih senang dengan menyebutnya sebagai Batu Alam, walaupun ini sebenarnya terlalu umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *